Perkembangan positif sebuah platform butuh kerjasama berbagai pihak. Begitu pula platform Steemit yang membutuhkan kerjasama semua Steemian agar Steemit menjadi tempat yang nyaman.

Salah satu indikator yang menjadikan Steemit tempat yang nyaman adalah berkurangnya Steemian yang melakukan berbagai penyimpangan, seperti menggunakan tag tidak sesuai aturan, ataupun melakukan plagiat.

Dalam postingan ini saya akan membahas tindakan memakai tag yang tidak mengikuti aturan. Yuk, simak beberapa hal penting yang harus diperhatikan para Steemian untuk perkembangan plaform Steemit yang lebih baik.

Saya melihat banyak sekali Steemian yang menggunakan tag tidak mengikuti aturan, hanya mengikuti teman-teman sekitarnya. Hal ini akan menyusahkan para kurator para program kurasi, dan tentu saja Anda akan dianggap sebagai Abuser karena menggunakan tag tidak sesuai aturan.

Jangan Gunakan Tag Sebuah Program Kurasi yang Tidak Anda Lakukan

Dalam Steemit banyak sekali program kurasi untuk bisa mendapatkan rewards yang lebih maksimal. Di bawah ini saya sertakan beberapa tag yang sering sekali disalahgunakan, beserta aturan yang harus Anda ikuti bila Anda ingin memakai tag tersebut.

Aturan Penggunaan Tag

– #esteem

Hasil gambar untuk esteem apps

Aplikasi eSteem milik @good-karma

 

Mohon untuk tidak menggunakan tag #esteem bila Anda tidak membuat post dengan aplikasi @esteemapp
Mungkin Anda berpikiran bisa membohongi para kurator dengan hanya menggunakan tag #esteem tapi Anda membuat post via steemit.com atau menggunakan aplikasi dan pihak ketiga lainnya.
Anda tetap tidak akan mendapatkan kurasi dari @esteemapp justru Anda akan dianggap sebagai Abuser bila melakukannya terus-menerus.

– #steempress

banner with logos.png

Plugin Steempress

Anda mungkin tergiur dengan nilai kurasi dari @steem-press-io karena melihat teman-teman Anda yang mendapat kurasi dari program ini. Kemudian, Anda ikut-ikutan menggunakan tag #steempress

Aturan yang berlaku: Seharusnya Anda membuat post melalui WordPress yang sudah mengaktifkan plugin Steempress.

– #promo-steem

Hasil gambar untuk promo steem#promo-steem

Hadiah kurasi dari @steem-ambassador memang menggiurkan. Konten Anda bisa mendapatkan hadiah kurasi dari @steem-ambassador bila konten Anda mendapatkan upvote dari tiga orang Steem Ambassador.

Pada poin ini, saya melihat banyak sekali penyalahgunaan tag. Aturan yang berlaku: Gunakan tag #promo-steem hanya pada konten yang mendukung perkembangan platform Steemit, dan post yang memiliki konten sedang mengajak orang lain untuk menggunakan Steemit, atau kegiatan meetup komunitas untuk kemajuan komunitas Steemit tersebut.

– #steemhunt

Hasil gambar untuk steem hunt

Steemhunt

 

Aturan yang berlaku: Hanya untuk konten yang diposting mengggunakan steemhunt.com.

 

– #letseat

Hasil gambar untuk lets eat eroche apps

Aplikasi Seluler Let’s Eat

 

Tidak semua konten makanan milik Anda bisa diberi tag #letseat. Tag #letseat hanya untuk konten yang diposting menggunakan aplikasi mobile @letseat Isi konten pun harus merupakan review makanan dari restoran yang Anda kunjungi, bukan makanan yang Anda masak sendiri.

 

– #tasteem

Hasil gambar untuk tasteem

Tasteem

 

Program kurasi dari @tasteem untuk postingan melalui tasteem.io dengan konten review restoran yang Anda kunjungi. Beda konten #tasteem dengan #letseat yaitu post menggunakan @tasteem bersifat kontes yang biasanya dibuka setiap minggu, seperti kontes “Your Weekly Choice”

Sebenarnya masih banyak lagi program kurasi dengan tag tertentu. Untuk postingan ini, saya hanya membahas beberapa saja.

Semoga kita semua bisa MELEJIT BERSAMA STEEMIT.

Salam Bahagia dan Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *