Wajar saja bila motivasi pertama Anda mendaftarkan diri di Steemit adalah tentang uang. Tetapi, tentu tidak wajar bila seiiring berjalannya waktu, hanya uang yang memenuhi sudut pandang Anda. Bila hanya uang yang selalu menjadi tujuan kita di Steemit, maka dapat dipastikan kita akan gagal berkembang menjadi lebih baik di masa sebelumnya.

 

Ada banyak sekali poin penting yang bisa dijadikan pelajaran untuk kehidupan ketika Anda mengenal sesuatu. Begitu pula tentang Steemit. Saya yakin, Anda-Anda yang sampai sekarang masih membaca tulisan saya ini, masih bertahan di Steemit–adalah termasuk orang-orang yang bertahan bukan karena uang. Anda tidak akan mendapatkan apa pun di sini, saat ini.

Sesuatu yang berharga seringkali tidak bisa terlihat dalam satu waktu. Sesuatu tersebut berkembang perlahan, dan dijaga dengan kesabaran agar mampu menghasilkan hal yang paling bernilai.

 

woman wearing white dress shirt

Apa makna uang bagi Anda?

 

Tak jarang pula, kita sebagai manusia sering terkecoh. Kita meninggalkan sesuatu yang kita pikir tidak berharga, padahal bila kita bersabar dan bertahan sedikit saja, sesuatu itu akan bersinar untuk Anda, bukan untuk orang lain. Bagaimana rasanya, sakit ya ketika milik Anda sebelumnya tidak berharga di tangan Anda, tetapi menjadi begitu berharga ketika sudah menjadi milik orang lain? EHEHE.

Itulah sebabnya kita tidak boleh memusatkan arti nilai pada uang semata. Karena sebenarnya nilai itu ada pada seberapa banyak sesuatu mampu berkembang terkhususnya kebaikan-kebaikan yang ada pada diri kita dan orang-orang di sekitar.

Henry David Thoreau Quote: “The value of any experience is measured, of course, not by the amount of money, but the amount of development we get out of it.”

The Value By Quote Fancy

Nilai dari pengalaman apa pun diukur, tentu saja bukan dengan jumlah uang, tetapi jumlah pengembangan yang kita dapatkan darinya.

– Henry David Thoreau

Jadi, coba lihat lagi seberapa banyak hal positif dalam diri Anda yang bertambah ketika berada di Steemit?

  • Anda Memiliki Banyak Teman Baru

two persons forming love fingers

Friendship by Tyler Nix Via Unsplash

Bagaimana pun juga, mencari teman jauh lebih sulit dibanding mencari musuh. Jadi, bersyukur bila dengan postingan-postingan di Steemit, Anda bisa mendapatkan teman bukan hanya senegara, tetapi dari negara lain dan saling memperkenalkan budaya.

Jagalah relasi yang sudah Anda miliki. Saya yakin itu akan berguna di luar Steemit. Anda bisa saling menghubungi, melakukan meet-up, dan berbagi ide-ide, serta merealisasikan mimpi bersama-sama dengan memiliki projek menakjubkan. Semua berasal dari sini, dan mungkin Anda tidak menyangka. Tapi, ingatlah jangan pernah meremehkan satu orang yang Anda kenal hari ini, karena di kemudian hari mungkin saja orang tersebut yang mampu menolong hidup Anda. Siapa yang tau, kan?

 

  • Anda Melampaui Batas Diri Sendiri

rule of thirds of boy standing facing backwards

Apakah Anda Berani Melampaui Diri Sendiri? By Clark Young Via Unsplash

Musuh terbesar bukan berada di luar diri Anda, tetapi ada di dalam diri sendiri. Ia bersiap meraung, memberontak, dan menghancurkan diri Anda sendiri bila Anda tidak bisa menaklukkannya. Begitu pula dengan melampaui batas diri Anda sendiri. Dengan Steemit, saya akui saya salut dengan banyak orang-orang tidak berlatar belakang menulis tapi masih konsisten berusaha menorehkan satu persatu kata meski tak sempurna. Karena sempurna, hanya milik Sang Pencipta.

Anda mencoba berbagai hal di Steemit untuk mendapatkan kurasi yang lebih baik. Anda ingin mengetahui jenis konten apa yang sesuai dengan jati diri Anda. Untuk itulah, Anda rela mengeluarkan hal baru dan tanpa disadari sebelumnya.

Steemit membuat Anda berani dan berkembang melampaui kemampuan yang sebelumnya sangat terbatas. Apa pun motivasi awal Anda di sini, yang terpenting adalah Anda sudah berhasil melampaui zona nyaman Anda untuk semakin dekat dengan kesuksesan.

Dan, satu hal lagi yang perlu kita ingat bersama:

Koin selalu menghasilkan suara, tetapi uang kertas selalu diam. Jadi, ketika nilai Anda meningkat, jagalah diri Anda tetap tenang tanpa berkoar-koar dan tetaplah rendah hati.

Jadi, masih semangatkan Anda untuk bersama-sama Melejit Bersama Steemit?

 

Keep Steem On!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *