Menunda, pada akhirnya akan menjadikan waktu terasa sia-sia. Mengapa seseorang senang menunda? Berikut ini beberapa alasan yang tanpa sadar membuat kita menunda untuk melakukan sesuatu, hingga akhirnya kita menyesal telah membuang waktu dengan menunda.

 

1. Merasa Hari Ini Belum Tepat Melakukannya

Pernahkah kamu merasa hari ini belum tepat melakukan sesuatu, lalu menunda hingga keesokan harinya, tetapi kemudian di keesokan harinya menjadi lupa?

Nah, hidup ini memang memiliki waktu yang terasa begitu cepat berjalan, begitu dinamis. Apa yang ingin dilakukan dalam beberapa hari kedepannya belum tentu bisa dilakukan di hari kedepannya. Mungkin saja di hari ke selanjutnya kamu harus melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang sudah kamu rencakan.

Itu sebabnya, sebaiknya hindari untuk berpikiran bahwa hari ini kamu belum mampu melakukan sesuatu. Cobalah untuk sedikit demi mengerjakan hal bisa kamu lakukan–hal yang tentu saja berkaitan dengan rencana utamamu yang besar itu.

2. Kamu berpikiran bisa menyelesaikan sekaligus sesuatu yang ingin diselesaikan.

Sesuatu yang dikerjakan dengan terburu-buru tentu hasilnya tidak akan baik. Merencanakan memang bagus, tetapi tidak tepat juga bila hari-hari hanya kamu isi dengan perencanaan tanpa bertindak mulai melakukan sesuatu.

Selama perencanaan, kamu tidak boleh menunggu, tanpa melakukan sesuatu. Karena memang, seringkali kita terlena, lalu menunda. Kita akan beranggapan hal yang telah kita rencakan akan selesai dalam satu hari, lalu kita menunda untuk melakukan hal-hal tersebut hari ini.

Sangat merugi, kan, bila kita menunda lalu hasil akhirnya tidak maksimal?

Apa yang bisa dilakukan agar waktu tidak terbuang percuma?

Perencaan, via unsplash by Jess Walters

Selagi mempersiapkan perencanaan, lakukan apa yang bisa dilakukan terlebih dahulu. Hal-hal lainnya bisa menyusul seiiring dengan tersedianya hal lainnya.

Jangan lupa untuk membuat daftar hal-hal yang ingin dilakukan. Kamu bisa membuat daftar berurutan berdasarkan hal yang mudah dilakukan terlebih dahulu.

Ketika kamu sudah selesai melakukan sesuatu, jangan lupa memberi tanda check-list untuk menandai bahwa  kamu telah selesai melakukan hal dalam daftar tersebut.

Pembuatan daftar check-list ini berguna agar kamu tidak lupa dan fokus pada yang ingin dilakukan. Jangan sampai kamu berpikiran akan melakukannya satu waktu di hari selanjutnya.

 

Sebab, tidak ada waktu terbaik yang tepat untuk melakukan sesuatu. Yang ada hanyalah kamu berusaha melakukan yang tepat di setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Keep Steem On and Share The Happiness.

 

Salam Bahagia dan Lestari.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *