Kesalahan orang lain sekecil apa pun akan terlihat besar, sementara itu kesalahan diri sendiri sebesar apa pun tidak akan pernah tampak oleh diri sendiri.

Sifat tersebut yang sering sekali menghambat kemajuan kehidupan bersosial karena kita sulit melihat ke dalam diri kita sendiri untuk kesalahan-kesalahan.

Dari sebuah kesalahanlah seharusnya kita belajar untuk menjadikan dunia lebih baik. Melangkah maju dengan menghindari lubang kesalahan yang pernah dialami sebelumnya.

Permasalahan umum yang sering terjadi dalam kehidupan bersosial adalah seseorang membangun tembok dalam dirinya sendiri agar dirinya tidak pernah bisa menerima kritikan dari orang lain.

Lalu, mengapa kita harus belajar meruntuhkan tembok keegoisan diri kita? Jawabannya adalah agar kita mampu melihat ke dalam diri sendiri untuk menerima kesalahan yang kita lakukan.

Dimulai dari diri kita sendiri yang meruntuhkan tembok kesombongan, bersikap humble, lalu berlanjut menerima kritik dan saran dari orang lain.

Kita semua tahu bahwa tidak mudah mengakui kesalahan yang terjadi pada diri kita sendiri. Kita bahkan akan cenderung marah bila tidak menerima kenyataan tentang diri kita yang sudah salah. Tapi bila sudah tidak ada tembok kesombongan, kita akan menjadi seorang pribadi yang rendah hati. Kita akan melapangkan dada untuk mengubah kesalahan-kesalahan menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk kemajuan diri kita sendiri, dan bahkan kemudian berlanjut ke kehidupan dalam bersosial.

Bila pun Anda sudah menjadi seseorang yang berkedudukan tinggi di dalam kehidupan bersosial, pastikan hati Anda serendah tanah untuk menumbuhkan berbagai benih kedamaian dan kebijaksaan untuk orang-orang di sekeliling Anda.

Bertumbuhlah menjadi pribadi yang bijaksana ibarat pohon besar yang meneduhkan dan memberi manfaat untuk kehidupan sekitar Anda. Hindari untuk bertumbuh tinggi menjadi pohon yang berbuah keegoisan yang gagal memberi kebaikan untuk kehidupan bersosial.

 

Keep Steem On!




Image Source: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *