Kekasih dan puisi sama belaka

tempat sembunyi. kata dan makna

saling menghindari

 

agar bisa mencintai dan memberi

rasa aman bersamaan

– Aan Mansyur

 

Apa tempat paling nikmat untuk bersembunyi? Barangkali Aan Mansyur dalam kutipan di atas benar sekali. Ialah puisi, tempat sembunyi. Puisi menawarkan seni, sekaligus meminta suasana paling sepi sebagai bayaran dari penyembuhan diri.

Barangkali hal-hal tersebut yang selalu ditawarkan dalam puisi-puisi Aan Mansyur. Penyair asal Makassar itu tidak butuh kata-kata sulit dan rumit untuk pembacanya mengambil kenikmatan dari puisi. Dibiarkannya kata-kata sederhana miliknya justru mampu menohok.

 

 

sepi melebihi apa pun, ketika tidak mampu

kautemukan dirimu di mana-mana. dan akan

kau paham hidup adalah upaya menerima

ketidaksanggupan dan menolak keinginan-

supaya langit atau jendela buku rumah itu

melumpuhkan kau dengan sepi yang lebih berat dari ketanpaan

– Aan Mansyur

 

 

Biasanya saya selalu membaca ulang puisi-puisi Aan Mansyur bila pikiran saya sedang sangat penuh tidak bisa dimasuki inspirasi. Dan, Aan Mansyur menjadi penyairt favorit saya karena puisinya yang sederhana mampu membuat perasaan saya peka sepeka-pekanya untuk lebih memahami lagi makna kehidupan, maupun hanya sekadar tentang manusia-manusia dalam percintaan.

Kumpulan puisi Sebelum Sendiri diterbitkan oleh sebuah penerbit indie di Yogyakarta: jualbukusastra (JBS) pada Maret 2017.

 

Sampul buku ini yang sudah menyapa Anda dengan kesenduan, memang tipis, tapi saya yakinkan pada Anda bahwa buku ini punya kenikmatan yang berlapis-lapis.

 

 

Harga bukunya pun murah, namun menawarkan puisi-puisi yang mewah.

 

Buku ini sangat direkomendasikan bagi Anda penyuka puisi.

 

Salam Bahagia dan Lestari

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *