For the English version, please read here: https://steemit.com/fruitsandveggiesmonday/@anggreklestari/fruits-and-veggies-monday-sambal-tempeh-and-sweet-potatoes-recipe-0da8d55ecfe02


Mungkin sebagian dari Anda asing dengan sesuatu yang memiliki rasa manis tetapi disajikan dengan bumbu yang pedas.

Kali ini saya akan berbagi resep vegan yang saya sebut, “Sambal Tempe dan Ubi Jalar.”


Informasi Tentang Sajian

Perpaduan penggunaan ubi jalar dan tempe yang disajikan dengan cara disambal merupakan variasi dari resep Sambal Tempe dan Kentang. Karena di Indonesia harga kentang lebih mahal dibandingkan dengan ubi jalar, maka saya pun mencoba untuk mengganti kentang dengan ubi jalar pada resep ini.

Memang, rasa dari ubi jalar manis, berbeda sekali dengan kentang. Tetapi penggunaan ubi jalar dalam resep ini untuk pengganti kentang tidaklah buruk.

Sambal Tempe dan Ubi Jalar cocok dibuat bagi penduduk desa yang berkelimpahan panen ubi jalar. Ubi jalar juga membantu kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk dijadikan pengganti nasi bila penduduk desa sedang kesulitan mendapatkan pasokan beras.


Manfaat Alami Ubi Jalar

  • Mengendalikan Kadar Gula Darah

Walaupun memiliki rasa yang manis dan mengandung karbohidrat, tetapi ubi jalar aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ubi Jalar mengandung skala indeks glikemik yang rendah. Ubi jalar mampu memodifikasi insulin yang membantu mengontrol gula darah. Serat dalam ubi jalar memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah.

  • Bagus untuk pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar mampu mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam sehingga menurunkan resiko peradangan lambung. Selain itu kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, kalium dan betakaroten efektif untuk meredakan radang lambung.

Tinggi serat namun muah dicerna sehingga bagus untuk lambung dan usus halus.

  • Menjaga kesehatan Mata

Vitamin C dan A, dan betakaroten dalam ubi jalar mampu mendukung kesehatan mata.

  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin c dan betakaroten merupakan kombinasi nutrusi yang kuat untuk peningkatan kekebalan tubuh.

Manfaat selengkapnya dari ubi jalar bisa Anda baca di sini: https://www.medicalnewstoday.com/articles/281438.php

Cara Memasak Sambal Tempe dan Ubi Jalar

Yuk mari kita lihat bagaimana cara saya memasak Sambal Tempe dan Ubi Jalar. Hal perlu diperhatikan adalah Anda bisa mengurangi penggunaan cabai bila Anda tidak terbiasa dengan rasa pedas.


Siapkanlah dua buah ubi jalar, dan tempe.



Di sini saya menggunakan ubi jalar oranye. Kemudian, kupaslah dan cuci bersih ubi jalar. Setelah itu potong-potong ubi jalar membentuk dadu.


Potong-potong tempe juga membentuk dadu.

Untuk bumbu-bumbu, siapkanlah 1 ons cabai merah, 3 siung bawang putih, 5 siung bawah merah, dan satu buah tomat. Kemudian haluskan kesemua bahan-bahan tersebut. Anda bisa menggunakan blender atau menggunakan alat cobek, alat tradisonal di Indonesia untuk membuat sambal.


Panaskanlah minyak, kemudian masukkan sambal (bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tersebut). Tambahkanlah garam secukupnya. Ketika sambal sudah menjadi wangi, masukkanlah potongan-potongan ubi jalar. Tambahkanlah sedikit air.


Saat ubi jalar sudah setengah lunak, masukkanlah potongan tempe. Lalu, masaklah hingga ubi jalar lunak dan bumbu-bumbu meresep sempurna.

Sambal Tempe dan Ubi Jalar cocok untuk dijadikan lauk, atau pun Anda nikmati tanpa nasi. Nikmati selagi sajian ini masih panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *