Sungguh tidak mudah untuk sampai pada tahap blog Steemit Anda memiliki pengunjung dan pembaca setia. Tentu itu semua juga berkat adanya Steemian lainnya. Tidak mudah juga membuat para Steemian lain mau meninggalkan “jejak” komentar dan vote di konten postingan Anda.

Karena pada dasarnya jejak apa pun yang Anda tinggalkan di Steemit ini memiliki balasan masing-masing, upvote ataupun downvote untuk konten buruk, maka Anda pun harus belajar menghargai para pembaca blog Anda.

Hasil gambar untuk reading on smartphone

Seri Melejit Bersama Steemit Hari bagian 7 saat ini, saya akan membahas cara menghargai pembaca blog Anda yang telah rajin berkomentar maupun vote konten postingan Anda.

Tidak ada kata terlambat, yuk kita mulai belajar menghargao para pembaca blog kita dari sekarang. Bagaimana caranya?

1.Balas Komentar Para Pengunjung

Datang dan meninggalkan komentar di postingan Anda ibarat seseorang yang datang ke rumah Anda karena Anda telah mengundangnya dengan postingan Anda. Anda sendirilah yang membuatnya datang ke “rumah” Anda. Jadi, mohon hargai orang yang sudah datang ke konten Anda dengan membalas komentar para pengunjung.

Sesempat mungkin balaslah komentar para pengunjung. Itu adalah cara untuk mempertahankan perilaku membentuk rantai-rantai pertemanan yang kuat di sistem blockchain ini dan mempertahankan hal positif di platform ini.

Bayangkan saja, bila tidak ada lagi yang berkomentar di postingan, tentu si pemilik postingan lama-kelamaan kehilangan semangat karena kontennya gagal menarik perhatian pembaca untuk memberikan tanggapan.

Maka, jangan lupa untuk membalas komentar pengunjung Anda, ya! Jangan sampai pengunjung Anda merasa sia-sia membangun komunikasi di blog Anda, lalu perlahan mereka tidak lagi mengunjungi blog Anda. Tentu Anda tidak mau berakhir seperti ini, kan?

 

2.Vote Komentar Pengunjung Anda

Tingkatan selanjutnya yang lebih baik dari sekadar membalas komentar adalah memberikan vote pada komentar yang layak dihargai. Tentu ini berlaku bagi pemilik blog yang sudah memiliki Steem Power yang cukup.

Saya sendiri sangat senang bila mendapat vote saat berkomentar di akun seseorang yang sudah ber-SP tinggi. Saya merasa sangat dihargai dan merasa semangat saya bertambah karena para “paus” tersebut masih peduli terhadap keberadaan “ikan-ikan” kecil seperti saya ini.

 

3.Kunjungi Blog Pengunjung Anda

Nah, bila Anda punya waktu berlebih, atau pengunjung tersebut sering meninggalkan jejak di postingan Anda, maka kunjungilah bergantian blog pengunjung tersebut. Ini disebut juga sebagai pemberian timbal-balik / feedback.

Komentari dan lakukan upvote untuknya, seperti yang telah dilakukan pengunjung tersebut pada Anda.

Hasil gambar untuk TIMBAL-BALIK

 

Nah, ekosistem akan lebih indah bila kita semua bersama-sama menjaga hubungan sosial timbal-balik ini, sehingga lingkaran semangat tetap terjaga dan tidak mudah terputus! Yuk, kita bersama Melejit Bersama Steemit!

Sampai bertemu di pembahasan lainnya!

 

Salam Bahagia dan Lestari

 

MELEJIT BERSAMA STEEMIT

Bersama-sama mari kita Bangkit bersama Steemit,
dan bertindak Gesit untuk mampu Melejit.

BACA JUGA BAGIAN SEBELUMNYA:

Steemit Menyambung Rantai Silaturahmi; Membuka Pintu Rezeki

Jadilah Steemian yang Baik dengan Memakai Tag Sesuai Aturan

SteemPress Mempermudah Pengarsipan Postingan Steemit

Siapkan Diri Anda Menjadi Steemian Influencer

Membaca Berarti Mendengarkan Semesta

Sebuah Awal Bersama SteemPress: Saatnya Menjangkau Nilai Lebih

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *