Proses masuknya budaya kuliner mancanegara dari film seperti Amerika, Korea, dan Jepang, membuat tren makanan di Indonesia pun didominasi makanan tersebut.

Berbagai variasi makanan dengan gaya Jepang dan Korea, atau bahkan Thailand kini menjadi hits, sangat terkenal di berbagai sudut tempat makan. Makanan dari Indonesia pun seakan terlupakan, apalagi gaya makanan Internasional menjadi lifestyle anak muda kekinian yang tidak mau dibilang “gak hits, gak kekinian”.

Padahal, banyak sekali lho makanan dari Indonesia yang mirip dengan variasi makanan Internasional yang sedang hits di berbagai media sosial. Rasanya pun tidak perlu diragukan lagu.

Yuk, sama-sama kita lihat makanan Indonesia apa saja yang tidak kalah enak dan mirip penyajian kuliner mancanegara.

Seblak VS Ramen Pedas

Hasil gambar untuk seblak

Seblak Lobster

Hayo, apakah Anda bisa menebak ini makanan ini mirip dengan kuliner mancanegara apa? Seblak yang merupakan makanan khas Sunda ini ternyata mirip sekali dengan Ramen Pedas dari Jepang yang saat ini sedang hits.

Hasil gambar untuk ramen lobster

Nah, ini dia penampilan Ramen, makanan berbahan dasar mi khas Jepang. Masyarakat Indonesia yang sangat menyukai pedas tentu saja sangat menerima masuknya makanan Ramen dengan variasi pedas di Indonesia.

Sebenarnya, bahan utama dari Seblak adalah kerupuk basah, bukan mi. Namun karena Seblak menjadi bervariasi dengan ditambahkannya kuah, itu sebabnya kerupuk tersebut menjadi basah dengan tekstur kenyal dan menjadi mirip mi.

Gambar terkait

Bahan dasar Seblak berupa kerupuk.

 

Kini, penyajian Seblak juga sama seperti Ramen yang variatif dengan berbagai penambahan isian seperti isian seafood, atau pun yang paling sederhana hanya dengan penambahan telur.

Semar Mendem dan Lemper VC Sushi

Hasil gambar untuk semar mendem

Semar Mendem dengan isian sederhana.

Semar Mendem merupakan makanan berbahan utama ketan yang dibungkus digulung dengan dadar gulung dan diisi dengan daging, ayam, atau tuna. Makanan khas daerah Solo ini sangat mirip dengan Sushi, khas Jepang.

Hasil gambar untuk sushi

Sajian Sushi yang terlihat lebih berwarna karena pemilihan isian.

Hanya saja, Sushi menggunakan berbagai isian yang lebih komplit, dan menggunakan Nori  sebagai kulit luarnya.

Oh ya, Lemper juga sangat mirip dengan Sushi lho. Bila Lemper atau pun Semar Mendem divariasikan dengan bahan-bahan yang ada di Sushi pasti akan lebih mirip lagi.

Hasil gambar untuk semar mendem

Nah, kan, Lemper Kuning Bungkus Nori ini juga mirip Sushi, kan?

 

Itulah tadi beberapa makanan yang penyajiannya tidak kalah dari kuliner mancanegara yang sedang hits, lho!

Yuk, cintai makanan dari negeri kita sendiri!

 

Salam Bahagia dan Lestari

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *